Skip to main content

Cara Memilih Jurusan Kuliah



~ Jurusan Penentu Masa Depan.

 "Aaaaaargh!”
“Kuliah dimana doong?”
“Jurusan apa yah?”
“Aku mau jadi Apa?"
 
Bagi sebagian besar anak kelas 3 SMA.. Frasa dan Klausa itulah yang selalu terbayang dipikiran mereka, berputar-putar mengelilingi otak mereka, dan selalu datang menghantui hidup mereka. Haha lebay ah!... Tapi serius deh! Ini bukan cerita fiksi ataupun dongeng belaka!
Dan... Kalo kamu ngerasa kaya gitu, Selamat anda dinyatakan normal. Dan.. rasanya itu memang wajar. kamu ga sendirian, ada ribuan anak diluar sana yang nasibnya sama kaya kamu. "Frustasi dalam memilih cinta jurusan". haha
Pada dasarnya semua orang ingin masa depan yang terbaik bagi hidupnya. Semua orang pasti ingin masa depannya cerah. Dan itulah yang menyebabkan para anak SMA itu sangat frustasi berhati-hati dalam memilih jurusan. Jangan sampai SALAH PILIH jurusan. Karena itu pasti sedih banget rasanya :'( Hal itulah yang membuat mereka pada akhirnya bingung memilih nya. Apalagi kalo mereka belum nemuin Jurusan yang "Gue banget" bagi dirinya.
"Faktanya, +/- 83% mahasiswa di Indonesia merasa SALAH JURUSAN." Ini saya kutip dari kata2 ketua BEM UI waktu ngisi seminar TO grafity 17 November 2013 kemaren.

Bayangkan!
Pasti kita ga mau dong kalo nasib tragis ini menimpa diri kita!
Bayangin kamu harus jalanin kuliah selama 4 tahun tanpa ada semangat, terkekang, dan tanpa motivasi. Itu hal yang paling mengerikan. Kamu hidup dalam keterpaksaan, ngejalanin hal yang nggak kamu suka selama minimal 4 tahun bahkan biasanya cenderung lebih dari itu.
Udah bisa dipastiin bahwa, hasilnya pun ga bakal maksimal! IP kamu yg akan terancam.
Salah satu impian terbesar semua anak kalo kuliah itu... 
Yaa.. ngedapetin IP sebesar mungkin dan bisa lulus dengan nilai yang terbaik bukan?
Okey...
So, Gimana caranya biar ga salah pilih jurusan?
Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah:
TEMUKAN PASSION-kamu
Maksudnya?
Simple nya, Passion itu adalah gabungan antara interest dan talent/ability..
- Interest ?
Kita dapat menyebutnya sbg “Minat-nya kamu” atau “Kesukaan-nya kamu”.. setiap orang tentu punya kesukaan di bidang yang berbeda..
 “Saya ga punya interest ke bidang apapun! Semua hal terasa sama saja bagi saya”
Coba kamu inget-inget lagi deh!
1. Hal apa aja sih yang paling sering kamu lakukan dengan rasa senang, tanpa paksaan, dan bahkan tanpa digaji sekalipun, kamu tetep mau ngelakuin itu?
2. Hal apa yg kalo kamu lakuin rasanya tuh ga cukup waktu 1 jam - 2 jam aja dan kamu ga pernah bosen sedikitpun untuk melakukannya berulang kali?
3. Kamu bahagia kalo lagi ngapain sih?
Nah, itulah interest kamu..

Sedangkan, Talent itu lebih diartikan sbg : Kemampuan atau bakat yang kamu milikin sejak lahir.
  1. Hal apa yang dapat kamu lakukan dengan mudah? Sementara orang lain ga bisa melakukannya sebaik kamu?
  2. Prestasi apa yang pernah kamu raih?
  3. Kamu bisa-nya ngapain sih?
  4. Apa pernah kamu dipuji karena suatu hal?
Nah ini yang disebut sebagai Ability/Talent-nya kamu..
Kalo kamu udah bisa menemukan interest dan ability-nya kamu. Berarti kamu telah menemukan apa yg disebut sbg PASSION-nya kamu.

“Saya ga punya Passion apa2 -__- Saya orang bego!”
Bohong!
Ga ada spesies orang bego didunia ini. Selama mereka dilahirkan dengan dilengkapi sebuah organ bernama otak… ga ada manusia yg bego. Coba periksa didalam kepala kita itu, apa ada organ otak didalamnya? Kalo masih ada, Selamat! Anda bukan orang bego! Allah ga pernah nyiptain manusia bego. Allah menciptakan semua manusia lengkap dengan organ bernama otak itu.. agar manusia bisa berfikir…
Nah, berarti tinggal kitanya aja mau gunain pemberian Allah itu atau nggak? Jadi yang ngebedain itu ada yang memanfaatkannya dengan sangat baik, dan adapula yang merasa malas untuk menggunakannya.
Jadi pake terus otak kamu buat berfikir dan belajar.. lagian kita gapernah bayar kan setiap make tuh otak.. ga ada tarifnya kan perjamnya berapa! Jadi kita bebas buat ngegunainnya.. Kapanpun dan Dimanapun! Belajar tiap hari ga akan bikin otak kamu menyusut kan? Justru kemampuan otak kamu akan terus berkembang dan terasah.  
So, manfaatin dengan maximal dong tuh otak!
Gini deh, Kuncinya itu:
- Jangan dengerin kata orang lain, ikuti kata hati kamu-
Klasik yah? tapi emang bener loh, karena yang paling tau diri kamu...Ya cuman kamu sendiri. Lebih percaya mana, sama kata orang? atau kata hati kamu sendiri?
Dan, yang bakal jalanin itu selama 4 tahun... kamu sendiri. Bukan orang lain. Coba ajak bicara hati kamu secara perlahan. Dengarkan apa yang sebenarnya hati kamu inginkan. Belajarlah berkomunikasi secara jujur dengan hati kamu, Jangan bungkam hati kamu! beri kesempatan ia bicara. Jangan berpura2 tak mendengar kata hati mu itu.
- Jangan paksa diri kamu ngelakuin hal yang emang ga kamu sukain-
Itu sama aja kamu Cuma buang2 waktu aja.
Gengsi?
Makan tuh gengsi! Jangan pernah dengerin makhluk satu ini, karena makhluk ini gabakal bawa lo ke Masa Depan yang cerah dan Sukses.

Jadi pilih jurusan, ya... karena kamu suka itu.. Karena itu memang passion kamu!
Gimana dengan prestasi?
Dengan sendirinya secara otomatis itu udah pasti bakal kamu dapetin, kalo ngelakuinnya dengan bahagia dan total, karena emang sesuai passion.
Sebagian besar orang yang sukses di level dunia adalah orang yang mengikuti, dan mengejar passionnya.
karena ternyata yah, passion itu ibarat bahan bakar yang bakal kamu gunain buat ngejalanin 10.000 jam di bidang yg kamu tekunin.
(10.000 jam itu waktu rata2 seseorang bisa menjadi master dalam sebuah bidang)
Jelas, dengan adanya bahan bakar itu kamu bakal punya energi buat ngelewatin perjalanan panjang itu hingga kamu bisa sampe di tujuan yang kamu inginkan. Yap, menjadi master dibidang yang tekunin itu. Tentu dengan passion perjalanan itu akan terasa jauh lebih ringan. Dan pastinya menyenangkan.

Yang kedua,
Setelah kamu menemukan passion-nya kamu itu. Hal yang selanjutnya harus kamu lakukan adalah:
Cari informasi sebanyak-banyaknya tentang jurusan yang sesuai passion kamu itu.
Cari semua hal yang berhubungan tentang jurusan itu di mbak gugel. kumpulin semua itu, jadiin referensi.
Tanya-tanya ke orang yg udah ngerasain kuliah di jurusan itu, gimana rasanya?
Mata kuliah nya apa aja? prospek kerjanya gimana? Syarat masuknya apa aja? dan lain-lain...
Tanya ke kakak, temen, sodara, alumni, atau siapapun itu...
Jangan pilih jurusan hanya karena Ga Mau Sibuk!
Ini yang terjadi pada saya waktu dulu... karena saya ngerasa masa SMA-nya saya itu terlalu sibuk dan cape.. saya pun memutuskan mencari jurusan yang nyantai.. saya  tanya2 ke sodara dan kaka kelas demi menemukan jurusan yg surga bgt buat nyantai.. Gini ceritanya:
Me: "Kakak kuliah di jurusan X yaa?"
Ka :"Kok tau?"
Me:"Karena kau telah..." *Lho
Ga gitu ceritanya..
Saya jawab nya gini:
Me: "Iya kak hehe.. Seru nggak kak?" (*Gaya sok imut tea)
Ka: " Seru banget am! jadi disitu tuh kita bakal.....bla-bla-bla."
Me: " Oh kayanya seru tuh.. Tugasnya banyak ga?"
Ka: "Kalo soal tugas sih jangan ditanya am. jadi tiap minggu kita ada..bla-bla-bla."
Me: "Mmm... Sibuk banget ya ka?"
Ka: "Iya, Jadi tuh yang penting kita harus banyak baca aja! terus.. bla-bla-bla.."
(Si kakak itu ngejawab pertanyaan saya dg SANGAT NIAT.. informasinya lengkap maximal)
Dan.. dengan tampang innocent saya menjawab:
Me: "Yah sibuk bgt! kalo jurusan yang ga sibuk apa?"
Ka: "O atuh! Itu mah gausah kuliah aja!" (*Garuk tembok)
Me: “Hehehe..”
Ka: “Satu hal yg harus kamu inget.. Dibalik kesuksesan seseorang pasti ada kerja keras didalamnya. Dan sampai kapanpun Orang males itu ga akan pernah berjodoh sama yg namanya KESUKSESAN.”
Me:  #Jleb “Iya deh insaf.”

Jadi dari situ , saya mulai menyadari satu hal:
Premis 1: Kuliah itu harus mau susah
Premis 2: Saya mau kuliah               
Simpulan: Saya harus mau susah

Yap, Kesuksesan itu ga bisa kita dapetin secara instan. Dia ga akan datang secara tiba2 dengan sendirinya, Tapi harus kamu jemput dan bujuk terlebih dahulu untuk dapat sekedar mampir bahkan menetap di hidup kamu.
Jadi fokus lah pada apa yang kamu inginkan bukan pada apa yang kamu takutkan.
Tujuan utama kamu jadi apa? jadi orang sukses kan?
jadi fokuslah pada tujuan itu...
Orang bisa sukses itu karena hasil kerja kerasnya di masa lalu. Gada ceritanya orang yang ga mau sibuk, ga mau usaha, ga mau susah, bisa ngedapetin kesuksesan.
Contohnya: Taufik Hidayat (Pemain bulu tangkis itu looh) kita ga pernah tau kan gimana jatuh bangunnya dia berlatih sampe jungkir balik hingga akhirnya dia bisa ngeraih kesuksesannya seperti sekarang ini. Dan kesuksesan yang dia dapetin itu gapernah instan. Perlu adanya pengorbanan dan kerja keras.

Yang ketiga, jangan lupa banyak berdoa sama Allah.. itu yang paling penting.
minta petunjuk sama Allah mana yang terbaik, karena Allah itu Maha tau.. sedangkan kita itu makhluk yang terbatas yang cuma bisa sok tau. Yang kita anggap baik belum tentu akan menjadi baik untuk kita, Allah yang maha tau.
Sholat Istiqarah, Minta diteguhkan hati sama Allah.. curhat sebanyak2 nya sama Allah. Jangan malu dan segan. Sebab Allah itu Maha Mendengar.
Berbakti sama orang tua, Perbanyak Amal sholeh, itu yang akan ngebantu kamu. Usahain selalu jalanin perintah Allah dan jauhin larangan-Nya.
Semua itu yang dinamakan dengan faktor X.. ini faktor pembawa kromosom keberuntungan.
Itu semua ga bisa kita pungkirin.
Usaha maximal 100% tapi tanpa adanya faktor X ini , hasilnya bisa jadi nothing.
Saya pernah ngalamin itu...
Waktu itu saya ikut lomba mading 3D, dan setelah jadi hasil karya kelompok saya itu keliatan yg paling wow diantara yang lain. kita maximal banget ngerjainnya, semua udah dibela2in... total deh pokonya.. Lombanya itu di UI Depok. dan kita dari bogor. haha perjuangan bgt deh. semua mata waktu itu tertuju ke mading 3d kita, berpuluh2 pujian orang kita dapetin, byk bgt yang berfoto sama karya kita... Ada alumni SMA gw yg bangga bgt sama karya kita. "Haa... SMANDA itu sekolah gw tuh! haha ko bisa bikin sekeren ini?" Pokonya disitu madding 3d kita yg paling dilirik deh.. Dan ternyata... setelah pengumuman... #Jeng-jeng-jeng... kita itu ga masuk 3 besar! Dafuq bet! Miris banget! kita ada diurutan ke-4 nya! Nyaris bgt padahal! Dan dari situ kita sadar kalo semua itu terjadi tuh karena kita kekurangan faktor X ! Yap.. kita kurang do'a dan amal sholeh. Terlalu berfokus pada usaha usaha dan usaha, seolah lupa kalo ada yang lebih Berkuasa. Kita terlalu sombong, terlalu percaya sama kemampuan kita.. Padahal kan kalo Allah ngga menghendaki yaa... semua itu ga bakal terjadi, walau dengan usaha yang super maximal. Semua tergantung keputusan Allah. Jadi usaha itu WAJIB dibarengin do'a (Faktor X) maka akan menghasilkan sesuatu yg indah.
Jadi jangan pernah lupain faktor X itu.

Selanjutnya setelah udah bener2 mantep sama jurusan yg kamu pilih itu.. apa yg kamu lakukan?
Kamu harus berusaha total buat mengejar passion kamu itu..

Seperti kata saya tadi, Faktor X + Usaha = Sukses.
Disini kita perlu Usaha. Wajib!
Ka Hanif *Ketua BEM UI : Beliau mengerjakan 200 soal perhari untuk persiapan masuk PTN yang dia inginkan yaitu Hubungan Internasional-UI. Dan sekarang dia bisa nikmatin hasilnya, dia menjadi 1 dari 8 peserta yang diterima sebagai mahasiswa HI-UI waktu itu. coba deh kalo misalnya, ka Hanif itu belajarnya nyelow, biasa, dan ga setotal itu.. mungkin dia ga bakal pernah ngerasain gimana rasanya memakai almamater kuning UI dan bahkan hingga jadi ketua BEM-nya UI lagi. Wow!

Sekali lagi, Usaha yg maximal!
Buat jadwal belajar yang puguh!
Belajar TPA tiap hari apa dan berapa durasinya, TKD kapan, dan Kemampuan IPA/IPS nya kapan! Kamu harus babat itu. Harus rutin tiap hari, dan per harinya 3 jam-an minimal.
Dan buat pelajaran yg agak berat coba taruh di hari yg longgar seperti minggu. Biar lo lebih leluasa.
Satu lagi, Jangan pernah ngelanggar jadwal itu. Harus tegas! coba buat punishment atau hukuman kalo kamu ngelanggar jadwal itu. contohnya: tiap kamu ngelanggar jadwal itu kamu harus ngerjain 50 soal tambahan perharinya. Kuncinya: TEGAS sama diri sendiri, jangan keseringan ngasihanin diri sendiri.
Pokonya semua harus kamu persiapin. belajar buat seleksi dari semua jalur.
Dan semua jalur penerimaan ikutin ajah, dari SNMPTN,SBMPTN,SIMAK,SMUP,SMB, dll. semua coba aja, barangkali ada yang nyangkut. Bisa jadi kan? hehee
Pokonya Semangat terus !!
Temukan passion-kamu, Ikuti kata hati kamu, Jangan lupain faktor X (Do'a + Amal Shaleh), cari info sebanyak-banyak nya, dan Usaha total pokonya. Pilih jurusan karena passion kamu, Ikutin kata hati jangan ikuti gengsi! Jadilah seorang expert di bidang yang kamu pilih itu, jangan hanya menjadi sampah yang tak berguna disana.Karena dunia ini selalu menyediakan tempat bagi seorang master/ expert di bidang apapun itu:)
Selamat berjuang!

By: @amrinnahusna
      (Yang lagi berjuang buat masuk PTN’2014 juga:D )

Comments

Popular posts from this blog

Copy Paste Kata Pengantar buat Tugas

Hufftth.... Rasanya Sebel banget Kalo bikin tugas tuh mesti ada kata pengantar nya apalagi kalo lagi buru2 mau dikumpulin, mungkin gampang sih cuma males aja kalo harus bikin berulang-ulang setiap kali ada tugas padahal kan kata-katanya sama aja cuma beda tujuan tugas nya doang. akhirnya Aku simpen deh draft "kata pengantar" disini biar kalo bikin tugas tinggal copas and ganti dikit kata-katanya sesuai dengan tugas yg dibuat. buat temen2 kalo ngerasa "males" bikin kata pengantar kayak Aku...(Bangga?) silakan copas aja dan ganti dikit kata2nya sesuai dengan tugas yang kalian buat. Oke... daripada kelamaan dengarin pidato saya yang panjang ini, langsung aja deh! KATA PENGANTAR Puji Syukur Kita Panjatkan Kehadirat Allah. swt karena berkat taufiq dan hidayah-Nya lah Tugas ini dapat diselesaikan dengan baik dan tepat waktu. Terima kasih Kami ucapkan pada guru pembimbing kami Ibu.... (Tulis nama guru) beserta seluruh pihak yang telah membantu terselesaikannya tugas ini.

Universitas Recommended Buat Jurusan DKV

Buat kalian yang pengen kuliah di jurusan DKV... Gausah ngerasa bingung.. Walaupun Jurusan ini tergolong jurusan yang agak langka. Dan nggak di semua PTN ada. Tapi ternyata, masih banyak juga kok pilihan universitas yang recommended buat kalian, diantaranya:     Akademi Seni dan Desain Indonesia Surakarta . Nama Jurusan/Program Studi : Desain Komunikasi Visual Universitas/Akademi/Institut : ASDI School of Design Alamat Korespondensi : Jl. Garuda Mas no. 3, Pabelan, Solo 57167 No. Telepon/Fax : (0271) 765 2998 / (0271) 765 2997 Hotline: 0817 948 6979 Alamat Email : info@asdi.ac.id Alamat Website : http://www.asdi.ac.id . Akademi Seni Rupa dan Desain MSD . Nama Jurusan/Program Studi : Desain Komunikasi Visual Universitas/Akademi/Institut : Akademi Seni Rupa dan Desain MSD Alamat Korespondensi : Jl. Tamansiswa no 164, Yogyakarta 55151 No. Telepon/Fax : (0274) 414 277 / (0274) 378 394 Alamat Email : contact@msd.ac.id Alamat Website : http://www.msd.ac.id . Akademi

Cara menghias cookie dengan royal icing

sebelumnya... siapa yang tau royal icing itu apa sih??? royal icing adalah bahan yang dibuat dari campuran gula icing, air jeruk lemon, pewarna makanan, dan putih telur untuk menghias permukaan cookie. cara menghiasnya ke cookie juga nggak sembarangan loh.. ada tehnik2nya agar hiasan kita nggak belepotan dan acak2an. dibawah ini video tutorial menghias cookie dengan beberapa triks. simak baik2 ya... video cara menghias cookie. menghias cookies